Pelatihan dan Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan

Administrator 05 Desember 2019 11:57:24 WIB

PEMERINTAH DESA SALAMERTA MENGADAKAN PELATIHAN PEMBERDAYAN PEREMPUAN DENGAN TEMA “INTENSIFIKASI PEKARANGAN”

Dalam rangka meningkatkan sumber daya masyarakat yang lebih baik, Pemerintah Desa Salamerta menyelenggarakan Pelatihan dan Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan yang termasuk dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat sub bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini yakni hari Senin dan Selasa tanggal 2 – 3 Desember 2019 diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari perwakilan perempuan dari tiap-tiap RT di Desa Salamerta. Kegiatan Pelatihan dibuka oleh PJ Kepala Desa Salamerta yakni Tegun Hadi Prabowo,S.P. Harapan beliau Kegiatan pelatihan ini akan memberikan pengetahuan baru bagi peserta dan juga peserta dapat mengaplikasikan langsung untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah masing-masing.

Senin (2/12), Pelatihan hari pertama materi yang disampaikan yakni tentang pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam berbagai macam tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan. Narasumber yang merupakan petugas Penyuluh Pertanian dari Kantor BPP kecamatan Mandiraja menjelaskan mulai dari persiapan lahan, membuat persemaian, pemeliharaan tanaman termasuk didalamnya menenal hama dan penyakit yang biasanya menyerang tanaman, dan panen. Pada dasarnya pelatihan hari pertama lebih pada materi dasar pemanfaatan lahan pekarangan.

Selanjutnya, pada hari Selasa (3/12) peserta pelatihan diarahkan dan dibimbing langsung oleh narasumber untuk praktik melakukan persiapan lahan persemaian dengan menggunakan tray khusus untuk persemaian yang kemudian ditanam beberapa macam benih sayur-sayuran. Peserta juga diajarkan tips bagaimana menanam bibit tanaman di dalam polibag dengan baik. Pada hari ke 2 pelatihan ini, selain diberi wawasan terkait pertanian peserta juga diajak praktik membuat kreasi dari hasil buah-buahan dan sayur-sayuran sehingga tampilannya lebih menarik oleh Ibu Chasmiati selaku Ibu PJ Kepala Desa Salamerta.

Harapannya, dengan adanya pelatihan pemberdayaan perempuan ini, menjadikan modal awal terciptanya swasembada dapur dengan mengoptimalkan manfaat pekarangan rumah salah satunya dengan menanam berbagai macam buah dan sayur-sayuran yang merupakan kebutuhan utama dapur rumah tangga, sehingga terwujud rumah tangga yang tangguh dan mandiri.

Komentar atas Pelatihan dan Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

HACKED BY ASTAR GANS