Azolla Microphyla sebagai Pakan Alternatif Ternak

Administrator 14 Agustus 2019 10:30:59 WIB

Rabu, (24/07) Mahasiswa KKN Unsoed adakan penyuluhan pemanfaatan tumbuhan Azolla mycrophilla bersama Masyarakat desa Salamerta Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Penyuluhan tersebut diikuti oleh 35 masyarakat yang berasal dari kelompok Lansia, Ibu-ibu PKK serta Kelompok tani di Desa tersebut. Kegiatan penyuluhan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan tentang pakan alternatif bagi masyarakat yang memiliki ternak baik itu ayam, ikan maupun ternak lainnya yakni Azolla mycrophyla.  "Azolla mycrophilla selain untuk pakan ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan mas, lele, juga disukai bebek dan ayam, penggunaan sebagai pakan ikan air tawar dapat menekan biaya pakan pellet setidaknya 30~60%. Ikan perlu dilatih memakan azolla dengan cara dipuasakan dari pellet selama seharian", menurut Ghina Anggita salah satu Mahasiswa KKN yang memberikan penyuluhan.

Kegiatan tersebut diawali dengan proses perkenalan seluruh Mahasiswa KKN dengan Masyarakat sekitar. Dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Salamerta yang diwakili oleh Bapak Akhsanudin selaku KASI Pelayanan menyampaikan bahwa adanya  Mahasiswa Unsoed yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata serta adanya penyuluhan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat untuk Masyarakat Desa Salamerta. Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan yang dibawakan oleh Lia Mahasiswa Pertanian dan Ghina Mahasiswa Perikanan dan Ilmu Kelautan. Materi yang disampaikan yakni mulai dari cara praktek budidaya azolla sampai cara perawatan serta pemanfaatan tanaman air tersebut.

“Masyarakat Desa Salamerta sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan tersebut, semuanya terlihat sangat penasaran terhadap tumbuhan Azolla, tidak sedikit masyarakat yang mengira-ngira bahwa tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang banyak terdapat di lahan Persawahan mereka”, ujar Lia. Tumbuhan tersebut bila diberikan untuk itik, yang digunakan yakni azolla segar yang masih muda (umur 2-3 minggu) dicampur dengan ransum pakan itik. Dalam keadaan segar azolla bisa digunakan sebagai pakan ikan gurami, tawes, nila dan karper. Boleh juga mengolah azolla menjadi tepung. Tepung azolla ini antinya dipakai untuk campuran membuat pakan ikan buatan. Selain dapat digunakan sebagai pakan alternatif ternak Azolla juga dapat digunakan sebagai pupuk. Pemanfaatan azolla sebagai pupuk sangat memungkinkan, pasalanya azolla kering (dalam bentuk kompos) mengandung Nitrogen, phospor, kalium, dan mengandung hara mikro berupa kalsium, magnesium, ferum dan mangan, Tambahnya.

Adanya Penyuluhan tersebut juga telah menatik minat salah satu kelompok Sadar Wisata Desa Salamerta yang sedang merintis usaha ternak Ayam Kampung untuk melaksanakan budidaya Azolla tersebut. “Saya sangat tertarik untuk membudidayakan tumbuhan tersebut guna membantu usaha yang sedang dirintis oleh saya beserta rekan rekan Kelompok sadar wisata di Desa Salamerta, semoga rekan rekan KKN bisa membantu untuk membudidayakan tumbuhan tersebut”, ujar pak Toto salah satu Masyarakat Desa Salamerta.

Komentar atas Azolla Microphyla sebagai Pakan Alternatif Ternak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

HACKED BY ASTAR GANS