
Digital Marketing atau sering disebut pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Di era yang sekarang sudah serba digital, perilaku dari sisi produsen dan konsumen hampir semuanya telah berubah haluan menjadi serba digital. Untuk sisi produsen, baik pengusaha kecil seperti UMKM hingga skala besar seperti perusahaan korporat telah banyak yang mulai mengimplementasikan strategi digital marketing untuk bisnisnya.
Desa Salamerta memiliki berbagai macam UMKM yang berkembang. Salah satu usaha yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Desa Salamerta adalah pengrajin besek. Hampir semua ibu rumah tangga dan orang lanjut usia menekuni kegiatan tersebut untuk menambah penghasilan dan juga untuk mengisi waktu luang mereka. Selain itu, di Desa Salamaerta juga mempunyai berbagai UMKM yang tidak kalah potensialnya. Contohnya Ceriping Bu Kartinah, Jamu Instan Bu Maryati, Tas Jait Pak Sutoyo, Emping Mentah dan banyak lagi. Namun sayangnya konsumen dari sebagian UMKM di Desa Salamerta hanya warga sekitar desa saja dan belum mencoba pemasaran yang lebih luas. Oleh karena itu, KKN Universitas Jendral Soedirman membuat program sosialisasi Digital Marketing sebagai upaya untuk memperluas pasar dari produk UMKM di Desa Salamerta.
Pelaksanaan sosialisasi digital marketing dilakukan pada hari Kamis, 19 Januari 2023 di Aula Balai Desa Salamerta dan diikuti oleh 14 peserta. Target dari pelaksanaan sosialisasi ialah seluruh UMKM di Desa Salamerta. Sosialisasi tersebut diawali dengan pembukaan oleh koormades tim KKN Desa Salamerta dan sambutan perwakilan perangkat desa yang bertujuan agar UMKM di Desa Salamerta dapat mengembangkan usahanya lebih luas lewat digital marketing di era yang lebih modern saat ini.

